10 Tips Menulis Speech Text dengan Mudah

10 Tips Menulis Speech Text dengan Mudah – Speech text (teks pidato) banyak digunakan ketika seseorang ingin menyampaikan pidato. Teks ini dapat membantu mengingat hal apa saja yang akan disampaikan seseorang saat berpidato. Namun, bagi sebagian orang menulis teks pidato dalam bahasa Inggris adalah hal yang sulit terlebih bagi mereka yang belum pernah membuatnya. Berikut ini adalah 10 tips menulis speech text dengan mudah.

1. Cari tahu siapa yang akan menjadi pendengar pidato

Hal utama yang perlu teman – teman tahu adalah siapa yang akan menjadi pendengar pidato, kenapa mereka perlu mendengarkan pidato kalian, dan apa yang mereka inginkan saat mendengar pidato kalian. Beberapa pertanyaan tersebut akan membantu kalian menyusun teks pidato secara tersusun sehingga para pendengar akan lebih mudah memahami isi pidato yang telah kalian sampaikan.

2. Tulislah pidato kalian sesuai dengan struktur yang tepat

Setiap jenis teks pasti memiliki struktur, begitu pula halnya dengan teks pidato. Struktur teks pidato yaitu pembuka, isi, dan penutup. Umumnya setiap pidato ditulis dengan struktur demikian. Saat menulis pidato, hal yang terpenting yang harus kalian pikirkan baik – baik adalah pada bagian isi. Oleh karena itu, rancang dan tulislah struktur teks pidato kalian dengan baik. Saat kalian menulis teks pidato, hapuslah hal – hal yang dianggap tidak perlu, terlalu berlebihan, bertentangan, atau bahkan membingungkan.

3. Tulishlah beberapa kalimat yang mudah diingat orang lain

Dalam menulis pidato, pikirkan juga kalimat yang mudah diingat orang lain. Kalimat ini dapat berupa quote yang teman – teman ambil dari seorang ahli / orang terkenal atau kalimat yang kalian buat sendiri. Ingatlah bahwa kalimat tersebut tidak harus panjang, namun cukup singkat agar mudah tertangkap dan diingat oleh orang lain. Fungsi dari kalimat ini adalah sebagai attention graber (menarik perhatian orang lain) sehingga setiap orang yang mendengar pidato kalian nantinya akan lebih mengenang isi dari apa yang kalian sampaikan.

Baca Juga:  Soal Latihan Bahasa Inggris tentang Simple Past Tense

4. Jangan buang – buang waktu pada saat bagian pembuka

Banyak orang menghabiskan sebagian waktu pidatonya pada bagian pembukaan. Teman – teman harus tahu bahwa bagian pembukaan adalah bagian dimana para pendengar sedang aktif-aktifnya mendengar dan menyimak apa yang akan kita sampaikan. Oleh karena itu, jangan menghabiskan banyak waktu pada saat pembukaan. Teman – teman dapat membagikan sebuah fakta mengejutan, data menarik, atau sebuah pertanyaan terkait dengan tema pidato kalian sehingga para pendengar lebih tertarik untuk mendengar pidato kalian lebih lanjut.

5. Gunakanlah kata / frasa sebagai transisi

Terkadang, para pendengar pidato kurang memperhatikan bagian mana yang penting. Oleh karena itu penting bagimu menggunakan kata / frasa sebagai transisi untuk mengingatkan mereka bahwa sebentar lagi kamu akan menyampaikan hal yang penting. Kata – kata seperti “what does this mean” atau “So here’s the lesson” kemudian diikuti oleh suasana hening sejenak akan menarik perhatian para pendengar untuk kembali menyimak pidatomu.

Baca Juga:  Pertempuran Merah Putih Minahasa, Puputan Margarana, & Westerling di Makassar

6. Bersikap santai saat berpidato

Diri kalian dan pesan yang akan disampaikan adalah satu kesatuan. Oleh karena itu, gerak tubuh dan bagaimana cara kalian menyampaikan pesan serta isi pidato kalian kepada para pendengar sangatlah penting. Hal tersebut karena jika kamu membuat para pendegar terkesan dengan penampilanmu dan juga gerak tubuhmu, maka mereka akan tertarik untuk mendengarkan apa yang akan kamu ucapkan. Ingatlah bahwa saat menyampaikan sebuah pidato, kamu harus menjadi dirimu sendiri.

7. Ulangi bagian penting dari isi pidato

Dalam menulis sebuah teks pidato, tulis kembali bagian / poin penting pada isi pidato. Poin tersebut bisa berupa tujuan atau pesan yang ingin kalian sampaikan saat menyampaikan pidato. Ulangilah kembali frasa, kata, atau kalimat yang berhubungan dengan poin penting tersebut. Hal ini akan membuat para pendengar lebih mengingat apa yang sedang kamu sampaikan karena mereka mendengar hal tersebut berulang – ulang. Beberapa orang mungkin akan berpikir kenapa kalian mengulang hal yang sama atau bahkan merasa terganggu. Namun apa yang mereka pikirkan / rasakan pada hari ini tidaklah penting, namun mungkin mereka akan tetap mengingat isi pidatomu beberapa bulan kedepan karena hal yang kalian ulang – ulang tersebut sehingga membuat mereka semakin mengingatmu.

8. Tulislah beberapa peribahasa

Peribahasa atau kata mutiara biasanya akan menarik perhatian para pendengar pidato. Karena selain kata – katanya menarik, pribahasa atau kata mutiara ini memiliki makna yang dalam dan pelajaran yang dapat diambil oleh para pendengar pidato. Oleh karena itu, pilihlah pribahasa atau kata mutiara yang sesuai dengan topik dan tema pidatomu.

Baca Juga:  Tips dan Trik Cara Mengerjakan Soal Reading Bahasa Inggris

9. Buatlah bagian penutup pidato sesuatu yang sangat menarik

Bagian penutup dari sebuah pidato adalah hal yang akan selalu dikenang oleh para pendengar pidatomu. Oleh karena itu, buatlah bagian ini menjadi sesuatu yang menarik dan mengandung pesan berharga sehingga akan selalu dikenang oleh siapa saja yang mendengarkan pidatomu.
Bungkuslah semua hal yang telah diuraikan dalam bagian isi dengan penutupan yang indah berupa pesan, kata mutiara, atau cerita singkat yang mengandung makna yang sesuai bagi para pendengar pidatomu.

10. Jangan menulis teks pidato terlalu panjang

Berpidato tidaklah harus dalam waktu yang lama dan mengucapkan terlalu banyak hal. Para pendengar pidato akan merasa lelah dan bosan jika kalian menyampaikan hal – hal dengan topik yang melebar. Hal terpenting dalam menyampaikan pidato adalah pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik oleh para pendengar pidato. Oleh karena itu, keep it short!

Demikianlah 10 tips menulis speech text dengan mudah. Semoga beberapa tips di atas dapat membantu teman – teman menulis sebuah speech text (teks pidato) yang baik. Terima kasih.

  • Add Your Comment