Cara Meningkatkan Kemampuan Menulis Sebuah Rangkuman

Menulis sebuah rangkuman (summary writing) adalah sebuah kemampuan/ keahlian yang sangat dibutuhkan oleh seorang pembaca, penulis, atau pun seorang peneliti. Sebuah rangkuman pada umumnya berbentuk singkat dan padat. Namun ada beberapa jenis rangkuman yang tidak terlalu singkat, mendetail dan juga berisi berbagai macam uraian. Keterampilan menulis, termasuk menulis rangkuman, adalah keterampilan yang mudah untuk dilatih dan dipraktekkan. Oleh karena menulis sebuah rangkuman membutuhkan keterampilan menulis, teman – teman membutuhkan beberapa informasi tentang cara meningkatkan kemampuan menulis sebuah rangkuman sebagai berikut.

A. Tips Menulis sebuah Rangkuman yang Baik

1) Menulis sebuah rangkuman dan menulis sebuah ulasan (review) adalah dua hal yang sangat jauh berbeda. Saat teman – teman menulis sebuah ulasan (review), kalian menulis rangkuman beserta pendapat kalian tentang teks tersebut. Namun pada saat merangkum, teman – teman hanya menuliskan inti dan beberapa poin penting yang terdapat dalam teks tersebut. Saat merangkum, kalian menyampaikan informasi tentang apa yang ada dalam sebuah teks, bukan menyampaikan sebuah pendapat. Hal yang perlu diingat saat menulis rangkuman adalah janganlah menulis sama persis dengan yang tertera dalam teks, namun berusahalah untuk menulis kembali inti dari poin – poin penting tersebut dengan menggunakan bahasa kalian sendiri. Terdapat 2 tips untuk teman – teman agar dapat menulis rangkuman dengan baik yaitu sebagai berikut.

2) Cobalah untuk memilih satu buku, komik, atau film favorite kalian, lalu tuliskan rangkuman berbentuk satu paragraf tentang apa yang kalian pilih tersebut. Kalian pun dapat melihat beberapa website yang menjual buku atau film favorite kalian dan tulislah beberapa rangkuman kalian dalam website tersebut. Tuliskan bercerita tentang apa sebuah buku / film tersebut dan beberapa poin penting lainnya.

Baca Juga:  Kingdom Monera – Penjelasan, Klasifikasi, Jenis, dan Contoh

3) Teman – teman juga dapat meningkatkan keterampilan menulis rangkuman dengan banyak berlatih. Saat ada seseorang, baik itu teman, anggota keluarga, atau orang lain, yang menanyakan tentang sebuah buku / film dan bercerita tentang apa buku / film tersebut, cobalah untuk menjelaskannya dengan hanya menggunakan satu atau dua kalimat saja. Cukup sampaikan ide utamanya saja, seperti tema/ topiknya, konflik utama, atau pemeran pertama dan perannya. Jika teman kalian atau orang tersebut meminta kalian untuk bercerita lebih jauh tentang buku / film tersebut, maka kalian dapat menyampaikan apa yang diminta. Namun, jika mereka tidak bertanya maka jangan heran karena mungkin kalian telah sukses menyampaikan hal yang paling penting dalam sebuah buku/ film melalui rangkumanmu.

B. Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan dalam Menulis sebuah Rangkuman

1) Sebelum mulai menulis sebuah rangkuman, sebaiknya buatlah terlebih dahulu outline agar rangkuman teman – teman nantinya akan terkstuktur dan sesuai dengan poin – poin penting dalam sebuah teks. Sebelum dan saat menulis rangkuman terdapat beberapa hal yang harus kalian perhatikan sebagai berikut.

2) Tulislah sebuah kalimat utama yang berisi ide pokok/ topik dari teks yang kalian baca. Kalimat utama tersebut berisi informasi tentang penulis dan judul teks/ buku yang kalian rangkum tersebut.

3) Tulislah beberapa kalimat tentang beberapa pihak yang terlibat dalam teks/ buku tersebut. Pihak – pihak tersebut adalah mereka yang terlibat dalam pembuatan buku, karakter dalam teks/ buku tersebut, atau bahkan aktor di sebuah film.

Baca Juga:  Pengertian dan 10 Contoh Majas Alegori

4) Rangkumlah unsur – unsur dari teks/ buku tersebut: apa saja hal – hal penting yang terjadi dan bagaimana hal / konflik yang ada dalam teks / buku tersebut diselesaikan.

5) Jangan lupa untuk menuliskan juga tema dari teks/ buku tersebut apakah teks/ buku tersebut.

6) Tulislah rangkuman kalian yang berisi beberapa poin penting dalam teks/ buku tersebut dengan bahasa kalian sendiri. Oleh karena itu, ada baiknya teman – teman membaca dan memahami terlebih dahulu isi teks/ buku yang akan kalian rangkum agar lebih mudah nantinya pada saat menulis rangkuman. Rangkuman yang kalian tulis dapat berbentuk singkat atau pun panjang tergantung dengan banyak/ tidaknya poin – poin penting yang memang harus ditulis untuk memahami isi teks/ buku tersebut secara umum.

Note:
Ketika ukuran suatu rangkuman boleh ditentukan panjang/ pendeknya, ada baiknya teman – teman menulis rangkuman yang pendek, singkat, dan jelas. Hal ini karena pertama, para pembaca akan lebih penasaran untuk membaca sesuatu yang pendek dan menarik, dan kedua adalah karena semakin panjang sebuah rangkuman maka akan semakin besar pula kemungkinan kesalahan penulisan atau kesalahan informasi yang ada dalam rangkuman tersebut.

C. Teknik Menulis sebuah Rangkuman

Menulis sebuah rangkuman dapat dilakukan dengan dua cara tergantung degan jenis teks yang akan dirangkum.perhatikanlah dua teknik menulis sebuah rangkuman berikut ini.

1) Merangkum teks pendek (10 halaman atau kurang)

Baca Juga:  Apa itu Determiners? Ini Dia Penjelasannya

a. Tulishlah sebuah kalimat yang mewakili isi keseluruhan teks yang dirangkum.

b. Tulishlah sebuah kalimat rangkuman untuk setiap paragraf.

c. Tulishlah satu paragraf atau lebih yang dimulai dengan sebuat kalimat yang mewakili isi keseluruhan teks yang dirangkum, lalu diikuti dengan sebuah kalimat rangkuman untuk setiap paragraf.

d. Susun dan tulis kembali paragraf rangkuman tersebut untuk mmebuatnya rapi, padat dan jelas, untuk menghilangkan pengulangan, untuk mengurangi kesalahan penulisan dan juga untuk menambahkan transisi (kata sambung). Rangkuman akhir haruslah lengklap, berkaitan antar kalimat/ paragraf, dan jugadapat dipahami dengan baik.

2) Merangkum teks panjang (lebih dari 10 halaman)

a. Buatlah sebuah outline dan bagilah menjadi beberapa bagian besar (ide pokok/ poin utama) dan beberapa poin pendukung untuk setiap bagian teks.

b. Tulislah satu atau dua kalimat rangkuman untuk setiap bagian teks.

c. Tulislah sebuah kalimat yang berisi rangkuman keseluruhan teks (mengandung topik dan ide utama teks).

d. Tulishlah satu paragraf atau lebih yang dimulai dengan sebuat kalimat yang mewakili isi keseluruhan teks yang dirangkum, lalu diikuti dengan sebuah kalimat rangkuman untuk setiap paragraf.

e. Susun dan tulis kembali paragraf rangkuman tersebut untuk mmebuatnya rapi, padat dan jelas, untuk menghilangkan pengulangan, untuk mengurangi kesalahan penulisan dan juga untuk menambahkan transisi (kata sambung). Rangkuman akhir haruslah lengklap, berkaitan antar kalimat/ paragraf, dan jugadapat dipahami dengan baik.

Demikianlah cara meningkatkan kemampuan menulis sebuah rangkuman. Semoga penjelasan singkat di atas dapat bermanfaat bagi teman – teman dalam penulisan rangkuman. Terima kasih.

  • Add Your Comment