Cara Menulis Essay dalam Bahasa Inggris yang Baik dan Benar

Cara Menulis Essay dalam Bahasa Inggris yang Baik dan Benar – Essay is a short piece of writing about a particular topic/ subject. Esai adalah sebuah tulisan pendek tentang sebuah topik/ subjek. Essay umumnya digunakan sebagai tugas yang sering diberikan kepada siswa atau mahasiswa. Bagi sebagian orang, menulis essay adalah hal yang tidak mudah karena ada banyak hal yang harus diperhatikan baik sebelum menulis ataupun saat menulis essay. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas tentang cara menulis essay dalam bahasa Inggris yang baik dan benar.

I. APA YANG HARUS DILAKUKAN SEBELUM MENULIS ESSAY DALAM BAHASA INGGRIS?

A. Read and understand the question/ the essay prompt carefully

Hal terpenting sebelum teman – teman menulis sebuah esai adalah memahami dengan baik perintah / apa yang diminta oleh guru / dosen kalian untuk tugas esai tersebut. Ketika kalian sudah paham, jangan lupa untuk mencatat beberapa kata kunci yang akan kalian gunakan untuk menulis esai tersebut, misalnya ‘mendiskusikan’, ‘membandingkan’, ‘mengevaluasi’, ‘dalam konteks Negara Indonesia’, ‘pada abad 21’, dan sebagainya.

B. Pick a Good Topic

Setelah teman – teman mencatat beberapa kata kunci tersebut, kalian akan lebih paham apa yang harus kalian lakukan lebih lanjut untuk menulis esai. Hal yang harus kalian lakukan selanjutnya adalah fokus untuk membuat daftar beberapa topik yang berhubungan dengan kata kunci tersebut. Kalian dapat mencari beberapa topik menarik di buku, google, atau bahkan kalian dapat bertanya kepada teman atau kerabat dekat. Setelah itu, pilihlah satu topik diantara beberapa topik yang telah kalian pilih. Pilihlah topik yang menarik dan kalian telah memiliki pengetahuan yang cukup akan topik tersebut.

Baca Juga:  Definisi dan 35 Contoh Motto Hidup Untuk Pelajar

C. Create/ Draft Your Outline

Menulis sebuah esai akan lebih mudah jika teman – teman membuat outline terlebih dahulu. Kalian dapat membuat outline dengan berbagai macam cara, mulai dari seperti membuat list atau sampai membuat mindmap. Outline ini berisi ide pokok untuk keseluruhan esai yang kemudian bercabang menjadi ide pokok/ gagasan utsma untuk setiap paragraf di esaimu. Esai biasanya terdiri dari 5 paragraf: awal paragraf adalah pembukaan, paragraf 2 – 4 adalah isi, dan paragraf terakhir adalah kesimpulan. Berikut adalah contoh dari outline:

Sample Outline

• Introduction paragraph:

o First sentence
o Thesis statement

• Body paragraph:

o Give statistics (optional, dapat digunakan atau tidak)
o Information on the subject
o Research on the topic
o Relevant data if any

• Conclusion paragraph:

o Restate your thesis statement
o Support arguments
o Write a call to action

II. APA YANG HARUS DILAKUKAN SAAT MENULIS ESSAY DALAM BAHASA INGGRIS?

A. Create and Write Your Thesis Statement

Ketika teman – teman telah memilih sebuah topik dan membuat outline, artinya kalian telah siap untuk mulai menulis essay kalian. Saat kalian mulai menulis essay, mulailah dengan menulis thesis statement. Thesis statement adalah kalimat berupa pernyataan yang menyatakan tentang topik dan argumen utama yang menggambarkan tentang keseluruhan ide yang akan kalian tulis dalam essay kalian. Tulis thesis statement kalian pada kalimat terakhir di paragraf pertama dan pastikan kalian merujuk thesis statement tersebut beberapa kali dalam bagian isi.

B. Write the Introductory Paragraph

Paragraf awal dari sebuah esai haruslah tidak terlalu panjang, namun sudah mencakup semua yang akan pembaca perlukan untuk mengetahui tentang apa yang akan dibahas di bagian isi dari esai tersebut. Teman – teman dapat memulai menulis paragraf awal dengan beberapa kalimat pembuka. Dalam beberapa kalimat awal ini, teman – teman perlu memperhatikan penggunaan bahasa yang akan kalian tulis karena paragraf awal ini akan menentukan apakah para pembaca akan membaca esai teman – teman lebih lanjut atau tidak. Oleh karena itu, buatlah paragraf pertama ini dengan semenarik mungkin untuk menarik perhatian para pembaca. Teman – teman dapat memulainya dengan menambahkan dialog, quote, kalinat yang mengejutkan, dan sebagainya yang sesuai dengan topik esai kalian. Pada kalimat akhir kalian perlu menuliskan tentang apakah esai tersebut. Sertakan topik dalam kalimat terakhir di paragraf awal tersebut.

Baca Juga:  Contoh Procedure Text How to Make Fried Chicken

C. Write the Body Paragraphs

Bagian isi (body) dari sebuah essay biasanya terdiri dari beberapa paragraf dengan jumlah minimal umumnya adalah 3 paragraf. Bagian isi dari sebuah esai adalah tempat dimana teman – teman harus menjelaskan, menggambarkan, atau memberi pendapat tentang topik esai yang telah kalian pilih. Outline yang telah kalian buat sebelumnya sangatlah membantu pada tahap ini. Ide pokok untuk setiap paragraf yang telah ditulis dalam outline tersebut dapat kalian tulis kembali di bagian isi. Setiap paragraf mengandung satu ide pokok. Setiap ide pokok tersebut haruslah dikembangkan menjadi beberapa kalimat. Teman – teman dapat memulai menulis setiap paragraf isi dengan menuliskan sebuah kalimat pembukaan yang mengandung ide pokok untuk setiap paragraf tersebut. Lalu dilanjutkan dengan beberapa kalimat pendukung yang mendukung ide pokok tersebut. Sertakan juga beberapa contoh yang sesuai dengan ide pokok. Jika teman – teman memiliki referensi dari sumber lain, jangan lupa untuk menyertakannya dengan format yang sesuai dengan aturan.

Baca Juga:  Susunan Sistem Saraf Pusat pada Manusia dan Fungsinya

D. Write the Concluding Paragraphs

Menulis paragraf yang berisi kesimpulan tidaklah mudah. Penting bagi teman – teman untuk memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan kesimpulan. Kesimpulan adalah suatu pernyataan yang memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk merangkum secara singkat tentang apa yang telah diuraikan pada penjelasan / paragraf sebelumnya. Oleh karena itu, pada bagian kesimpulan ini janganlah teman – teman menuliskan kembali isi dari paragraf isi tersebut atau bahkan menuliskan ide / hal baru. Namun tulislah rangkuman dari argumen / pernyataan yang telah kalian tulis pada bagian isi. Buat paragraf kesimpulan ini tidak terlalu panjang dengan menuliskan 3 – 5 kalimat saja.

E. Edit, edit and edit

Setelah menulis sesuatu, hal yang pasti dan wajib teman – teman lakukan adalah mengecek ulang / mengecek kembali hasil tulisan kalian. Beberapa hal yang harus dicek kembali adalah ada / tidaknya salah ejaan (typo), pilihan kata, penggunaan tanda baca, keterkaitan antar kalimat / antar paragraf, struktur esai dan kerapihan. Serta cek kembali jika ada beberapa bagian tertentu yang tidak / kurang sesuai dengan topik esai kalian.

Demikianlah cara menulis essay dalam bahasa Inggris yang baik dan benar. Semoga penjelasan tersebut dapat membantu teman – teman dalam menulis essay. Good luck!

  • Add Your Comment