Panduan Menulis Surat Lamaran Kerja (Job Application Letter) yang Benar

Panduan Menulis Surat Lamaran Kerja (Job Application Letter) yang Benar – Surat lamaran kerja, dalam bahasa Inggris disebut dengan Job Application Letter atau Cover Letter, adalah sebuah surat yang menjelaskan secara singkat rangkaian pengalaman kerja seseorang kepada seorang hiring manager yang menjelskan kenapa seseorang terkualifikasi untuk sebuah posisi pekerjaan dan harus dipilih untuk mengikuti tahap selanjutnya (tahap wawancara).

 

Surat lamaran kerja adalah hal terpenting selain CV (Curriculum Vitae) yang harus dipertimbangan. Surat lamaran kerja dapat ditulis baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, menulis jenis surat ini adalah hal yang menantang karena harus memerlukan ketelitian dan juga pilihan kata yang sesuai agar seseorang dapat dipilih untuk sebuah posisi pekerjaan tertentu. Berikut adalah panduan menulis surat lamaran kerja (Job Application Letter) yang benar.

 

Apa yang harus dilakukan sebelum menulis surat lamaran kerja?

 

Sebelum kamu menulis surat lamaran kerja, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Perhatikan beberapa hal yang akan kamu tulis dalam suratmu (ingatlah bahwa surat lamaran kerja biasanya tidak lebih dari 1 lembar). Perhatikan juga bahwa surat lamaran kerja adalah hal penting yang tidak boleh asal tulis, namun kamu harus menuliskan secara singkat dan jelas apa saja keahlian, pengalaman kerja, dan kemampuanmu yang sesuai dengan posisi kerja yang kamu lamar.

 

Agar surat lamaranmu lebih meyakinkan, kamu perlu tahu apa yang diinginkan oleh pihak perusahaan (dalam hal ini adalah HRD / hiring manager). Petunju terbesar tentang apa yang akan kamu tulis tentang posisi yang ada dalam perusahaan tersebut ada di dalam lowongan pekerjaan tentang posisi tersebut. Jadi, sempatkanlah waktu kalian untuk membaca dan memahami secara singkat tentang posisi pekerjaan yang kalian lamar dan apa yang diinginan oleh perusahaan untu posisi tersebut. Selanjutnya, buatlah sebuah daftar yang berisi keahlian, kemampuan, dan pengalaman kerjamu yang sesuai dengan posisi tersebut.

Baca Juga:  Pengertian dan 2 Contoh Karangan bebas (Tentang Liburan Sekolah)

 

Bagaimana bentuk surat lamaran kerja?

 

Menulis sebuah surat lamaran kerja sangatlah berbeda dengan menulis email ke teman atau surat pribadi. Tim HRD / Hiring managers dan pewawancara memiliki berbagai pengalaman dan pengetahuan tentang bagaimana surat lamaran kerja dan juga tampilan suratmu (panjang surat, jenis font, letter spacing, dan sebagainya). Berikut adalah panduan menulis surat lamaran kerja yang kamu butuhkan.

 

  • Length (Panjang Surat):

Sebuah surat lamaran kerja umumnya tidak lebih dari satu halaman.

 

  • Format and Page Margins:

Dalam menulis sebuah surat lamaran kerja, gunakanlah single-space dengan satu spasi diantara setiap paragraf. Gunakan margin sekitar 1” dan rata kiri (align left) sebagaimana aturan normal untuk dokumen pada umumnya.

 

  • Font:

Gunakanlah font yang tradisional, seperti Times New Roman, Arial, atau Calibri. Ukuran huruf (font size) haruslah antara 10 – 12.

Apa yang harus ditulis untuk setiap bagian di surat lamaran kerja?

 

Terdapat beberapa aturan tentang apa saja yang harus ditulis dalam setiap bagian dalam sebuah surat lamaran kerja, seperti bagian pembukaan, penutup, serta bagaimana surat tersebut di organisir. Perhatikan beberapa panduan penulisan surat lamaran kerja berikut ini.

Baca Juga:  Kaidah Penggunaan S/Es dalam Kalimat Bahasa Inggris & Contoh Soalnya

Heading:

 

Sebuah surat lamaran kerja haruslah dimulai dengan kontak informasi si pelamar dan HRD / Hiring Manager (berupa nama, alamat, nomor telepon, dan email) yang diikuti dengan tanggal. Jika teman – teman menulis surat lamaran kerja dalam bentuk email, maka cantumkan kontak informasi dibagian akhir dari surat setelah tandatanganmu.

 

  • Salutation:

Untuk bagian ini, gunakanlah bahasa yang formal dan sopan, seperti “Dengan Hormat” (dalam bahasa Indonesia), atau “Dear Mr./Ms.” (dalam bahasa Inggris) lalu diikuti oleh nama HRD / hiring manager tersebut.

 

  • Body of the Letter:

Isi dari sebuah surat lamaran biasanya terdiri dari 3 bagian.

  • Dalam paragraf pertama, sebutkanlah jenis dan posisi pekerjaan yang hendak kamu lamar dan dimana kamu melihat lowongan pekerjaan tersebut.
  • Paragraf selanjutnya adalah bagian yang paling penting dalam suratmu. Ingatlah semua informasi yang telah kamu dapatkan sebelum kamu memulai menulis surat lamaran kerja (informasi tentang posisi pekerjaan dan perusahaan, keahlian, kemampuan, dan pengalaman kerjamu yang sesuai dengan posisi pekerjaan tersebut). Semua informasi tersebut dapat kamu tulis dalam paragraf kedua ini. Namun teman – teman harus tetap ingat untuk menuliskan semua informasi tersebut secara singkat, padat dan jelas.
  • Paragraf ketiga dan bagian akhir dari surat lamaran kerja berisi tentang ungkapan terima kasih kepada HRD / hiring manager. Kamu juga dapat menuliskan tentang informasi lebih lanjut (misalnya “saya harap saya dapat menjadi bagian dari perusahaan ini”, “I am looking forward to hearing from you soon”, dan sebagainya).
Baca Juga:  Berbagai Penyebab Perang Dunia 2

 

  • Complementary Close:

Akhirilah surat lamaran kerjamu dengan kata akhiran yang sopan, contohnya seperti “Hormat Saya” (dalam bahasa Indonesia), atau “Best”, “Sincerely” (dalam bahasa Inggris) lalu diikuti oleh nama teman – teman.

 

Note:

Ada beberapa hal yang harus teman – teman perhatikan dalam menulis surat lamaran kerja yaitu sebagai berikut.

 

  • Keep it brief.

Tulislah surat lamaran kerjamu dengan sesingkat mungkin namun telah mencakup semua informasi tentang diri teman – teman yang kira – kira akan dibutuhkan oleh hiring manager dari suatu perusahaan.

 

  • Don’t forget to edit.

Jika surat lamaran kerja teman – teman terdapat banyak kesalahan (typo), maka besar kemungkinan surat kalian tidak akan dipelajari dengan baik oleh HRD / hiring manager. Oleh karena itu, saat kalian menulis hendaknya selalu berhati – hati dan baca lagi keseluruhan surat setelah kalian selesai menulis. Jika perlu, tanyalah kepada teman atau orang terdekatmu untuk membacanya jikalau terdapat kesalahan.

 

Demikianlah panduan menulis surat lamaran kerja (Job Application Letter) yang benar. Semoga panduan tersebut dapat membantu teman – teman untuk menulis surat lamaran kerja yang baik. Semoga bermanfaat!

  • Add Your Comment