Penjelasan Detail Mengenai Tajuk Rencana beserta Contoh Soal

Penjelasan Detail Mengenai Tajuk Rencana beserta Contoh Soal – Tajuk rencana merupakan salah satu materi yang terdapat dalam kisi – kisi mata pelajaran Bahasa Indonesia yang diujikan dalam Ujian Nasional. Kita sering mendengar kata tajuk rencana, namun apakah teman – teman tahu apakah tajuk rencana itu? Berikut adalah penjelasan detail mengenai tajuk rencana dan contoh soalnya.

A. Pengertian Tajuk Rencana

Tajuk rencana atau yang disebut juga dengan editorial adalah opini redaksi yang berisi aspirasi, pendapat, dan sikap resmi media terhadap persoalan potensial, fenomenal, aktual, dan/ atau kontroversial yang terdapat dalam masyarakat. Ada beberapa karakteristik tajuk rencana, yaitu sebagai berikut:

• Ditulis oleh redaksi,
• Nama penulis tidak dicantumkan,
• Topik yang dibahas bersifat aktual, kontroversial, atau keduanya,
• Bertujuan untuk menjelaskan berita atau memprediksi masa yang akan datang,
• Ditulis secara referensial, padat, bermakna, dan argumentatif.

B. Perbedaan Fakta dan Opini dalam Tajuk Rencana

Fakta dalam tajuk rencana dapat berupa contoh – contoh untuk memperjelas dan menegaskan uraian suatu gambaran yang nyata, konkret, dan dapat dibuktikan dengan pancaindra. Sedangkan opini dalam tajuk rencana adalah opini yang berkembang dalam masyarakat yang dapat berupa kutipan pendapat pakar, ucapan tokoh, narasumber, buku, dan lain – lain yang memperkuat argumen, mempertajam analisis, dan membangun kredibilitas media. Dalam tajuk rencana juga terdapat opini redaktur. Opini redaktur dalam tajuk rencana adalah pendapat redaktur yang berupa tanggapan terhadap masalah yang dikemukakan dalam tajuk rencana.

Baca Juga:  Definisi dan Ciri Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan

C. Masalah dalam Tajuk Rencana

Untuk menemukan masalah dalam tajuk rencana, kita harus dapat melihat topik yang sedang diungkapkan dan hubungan antara kondisi ideal dengan kondisi sesungguhnya. Lihatlah perbedaan antara kondisi tersebut. Jika terjadi kesenjangan, itulah yang menjadi masalah dalam tajuk rencana tersebut.

D. Contoh Tajuk Rencana dalam Bentuk Soal

1. Bacalah petikan tajuk rencana berikut dengan seksama!

Tindakan konsisten dan berkelanjutan merupakan tantangan kita. Baru saja dipertontonkan lagi kelemahan kita pada bencana gempa di Bengkulu dan Sumatera Barat. Pemerintah segera mengirimkan bantuan dengan pesawat terbang ke Bengkulu dan Padang. Laporan multimedia juga menampakkan keluh kesah warga yang berada di luar ibu kota provinsi yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah. Bahkan setelah dua minggu pun keluhan itu masih tampak dan terdengar.

Opini penulis dalam tajuk rencana tersebut adalah …

A. Penanganan bencana di negara kita masih lemah
B. Bantuan harus segara dikirimkan kepada korban bencana alam
C. Pemerintah memberikan bantuan kepada korban bencana alam secara merata
D. Laporan multimedia dapat membantu dalam penanganan bencana
E. Pemerintah telah berusaha maksimal dalam menangani korban bencana

Baca Juga:  Latihan Soal Bahasa Inggris tentang Passive Voice beserta Kunci Jawaban

Jawaban: A

2. Bacalah kutipan tajuk rencana berikut dengan seksama!

Transportasi tidak pernah lepas dari aktivitas manusia dalam menjalankan kehidupan. Semakin lama, kualitas dan pengaruh transportasi terhadap kehidupan manusia mulai menjadi perhatian sehingga sudah menjadi hal yang lumrah bahwa transportasi selalu ada di setiap komunitas manusia.

Transportasi pun kini menjadi salah satu indikator kemajuan sebuah komunitas, kawasan, dan/ atau wilayah. Bahkan, transportasi juga menjadi salah satu indikator penilaianntang suatu daerah tetberhasil atau tidaknya menjalankan otonomi daerah. Dengan adanya otonomi daerah, beberapa wilayah yang sebelumnya tidak pernah tersentuh oleh jalan beraspal kini telah diaspal.

Masalah transportasi ini tidak saja menjadi beban pemerintah untuk memperbaiki dan mengadakan secara fisik, tetapi juga pengaturannya sangat berpengaruh karena transportasi merupakan penentu kemajuan hidup manusia.

Simpulan pendapat penulis yang sesuai dengan isi tajuk rencana adalah …

A. Dengan adanya otonomi daerah, jalan di beberapa kampung sudah diaspal
B. Dengan adanya transportasi dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat
C. Lancarnya transportasi dapat meningkatkan komunikasi
D. Transportasi merupakan penentu kemajuan kehidupan manusia
E. Pemerintah seharusnya memperhatikan kerusakan jalan

Jawaban: D

Paragraf berikut untuk soal nomor 3 dan 4!

Apakah janji-janji semasa pemilihan presiden merupakan cita-cita yang muncul dari lubuk hati? Ataukah janji-janji tersebut hanya digunakan sebagai penarik simpati? Bagaimana seharusnya kita menempatkan janji para pemimpin? Penilaian kinerja pemimpin haruslah dilakukan dengan bijak dan secara adil. Hasil yang nyata belum cukup ditampilkan dalam kurun waktu setahun, lebih – lebih untuk menghasilkan satu prestasi. Apalagi jika mengingat kondisi yang diwarisi sangatlah parah. Profesionalisme selalu menjadi modal utama yang sangat dibutuhkan agar pemerintahan dapat berjalan dengan baik. Pekerja yang menjunjung tinggi profesionalisme dapat melaksanakan tugas dengan mudah. Rupanya pemerintah negara ini belum cukup terampil untuk dapat mengikuti negara Cina dan negara-negara Asia lainnya yang telah memperlihatkan kiprah kemajuannya.

Baca Juga:  Definisi & Contoh Kalimat Perintah Bahasa Inggris (Imperative Sentence)

3. Opini penulis yang tertuang dalam tajuk rencana tersebut adalah …

A. Profesionalisme pemerintah tidak mampu menampilkan hasil yang nyata bagi masyarakat.
B. Janji yang diutarakan saat pemilihan hanya untuk mendapat simpati dari masyarakat.
C. Kita hendaknya menagih janji pemimpin jika sudah terpilih dalam pemilihan.
D. Pemerintah belum mampu mengikuti kiprah kemajuan Cina dan negara – negara Asia lainnya.
E. Hasil yang nyata dari sebuah pemerintahan dapat terlihat dari kinerjanya selama setahun.

Jawaban: D

4. Permasalahan opini ditujukan kepada …

A. Pemerintah
B. Rakyat
C. Cina
D. Negara Asia
E. Generasi muda

Jawaban: A

Demikianlah penjelasan detail mengenai tajuk rencana beserta contoh soalnya. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi teman – teman. Terima kasih!

  • Add Your Comment