Penjelasan Tindakan Ekonomi, Motif, dan Prinsip Ekonomi

Penjelasan Tindakan Ekonomi, Motif, dan Prinsip Ekonomi

Tindakan Ekonomi

Tindakan ekonomi merupakan segala upaya yang dilakukan oleh manusia untuk meningkatkan kesejahteraan hidup sebagai salah satu usaha untuk memenuhi kebutuhannya. Suatu tindakan yang dapat digolongkan ke dalam tindakan ekonomi jika memenuhi syarat diantaranya, mempertimbangkan dengan baik antara usaha dan pengorbanan yang dilakukan dengan hasil yang akan diperoleh. Dengan demikian seorang yang melakukan tindakan ekonomi harus mampu membuat skala kebutuhan utama atau prioritas mengenai mana kebutuhan yang harus didahulukan dan kebutuhan yang diterakhirkan dalam usaha pemenuhannya.

Tindakan ekonomi juga harus disesuikan terhadap kemampuan manusia itu sendiri. Dengan demikian manusia dituntut untuk dapat menggunakan akal secara rasional dalam menentukan tindakan dan keputusan dalam hidupnya untuk mempertahankan kestabilan kebutuhan.

Macam-Macam Tindakan Ekonomi

Tindakan ekonomi memiliki berbagai macam bentuk dan perannya. Adapun macam-macam tindakan ekonomi adalah sebagai berikut :

a. Kegiatan Produksi

Kegiatan produksi merupakan salah satu kegiatan ekonomi yang dilakukan untuk menambah nilai kegunaan suatu benda agar dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Seseorang yang melakukan proses produksi disebut dengan istilah produsen. Seorang produsen harus memiliki tindakan yang baik diantaranya sebagai berikut :

  1. Menentukan barang yang akan diproduksi
  2. Melakukan pengenalan produk baru
  3. Menstabilkan biaya pembuatan produk
  4. Kegiatan penyaluran barang atau distribusi

Distribusi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk menyalurkan barang dari produsen menuju ke tangan konsumen. Orang yang melakukan kegiatan ini disebut sebagai distributor. Kemudian, distributor bertugas untuk memastikan proses kelancaran penyaluran produk, sasaran yang dituju, dan kualitas produk yang akan tersalurkan.

b. Kegiatan Konsumsi

Kegiatan konsumsi adalah tindakan untuk menggunakan produk dan mengambil manfaat dari produk itu sendiri, baik dirasakan hanya sekali maupun secara berangsur-angsur. Produk yang dinikmati oleh konsumen dapat berupa barang ataupun jasa. Orang yang melakukan kegiatan konsumsi disebut dengan istilah konsumen.

Tindakan yang harus diperhatikan sebagai konsumen adalah sebagai berikut :

  1. Merancang skala prioritas yang rasional dan disesuaikan terhadap kemampuan pribadi
  2. Membeli produk atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari
  3. Mengutamakan keefisienan dalam menstabilkan pendapatan individu

Motif Ekonomi

Motif ekomoni merupakan suatu dorongan yang berasal dari dalam ataupun luar yang mengakibatkan manusia untuk melakukan tindakan ekonomi secara berkesinambungan. Berdasarkan asalnya, motif ekonomi manusia dikelompokkan menjadi 2 bagian diantaranya adalah sebagai berikut :

a. Motif Intrinsik

Motif intrinsik adalah keinginan atau dorongan yang berasal dari pengaruh dalam diri masing-masing individu untuk melakukan tindakan ekonomi. Misal, pak Anton mencari makan karena perutnya kelaparan.

b. Motif Ekstrinsik

Motif intrinsik adalah keinginan atau dorongan yang berasal dari pengaruh luar diri masing-masing individu untuk melakukan tindakan ekonomi. Misal, bu Rini ingin ganti motor baru karena melihat tetangganya membeli motor baru.

Selain berdasarkan asalnya, motif ekonomi juga dapat ditinjau dari segi pertimbangan ekonomi. Adapun penjelasan mengenai motif ekonomi berdasarkan pertimbangan ekonomi adalah sebagai berikut :

  • Motif bertahan hidup

Manusia untuk memenuhi kabutuhannya akan melakukan suatu tindakan dalam rangka mempertahankan kelangsungan hidupnya. Dorongan ini sangat bersifat manusiawi dan setiap individu dipastikan memiliki sifat tersebut. Misal, mencari uang untuk membeli makan dan memenuhi kebutuhan.

  • Motif mendapatkan keuntungan

Kegiatan yang dilakukan oleh seseorang selalu dilatarbelakangi oleh keinginan untuk mendapatkan keuntungan dari tindakan tersebut. Pada umumnya seseorang yang mempunyai motif ini ialah para pedagang atau pembuat barang (produsen). Selanjutnya, masing-masing individu akan memikirkan bagaimana cara untuk melakukan penawaran terhadap barang dengan cara yang menarik agar orang yang membeli tertarik terhadap barang atau produk yang dijual. Dari hasil tawar-menawar tersebut seorang produsen akan memperoleh keuntungan yang sesuai terhadap harga barang yang dijualnya.

  • Motif untuk mendapatkan penghargaan

Motif untuk mendapatkan penghargaan ini akan memberikan dorongan terhadap manusia untuk mendapatkan penghargaan. Adapun penghargaan tersebut baik karena jasa yang dilakukan ataupun keahlian dan kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing individu.

Prinsip Ekonomi

Pada umumnya setiap manusia yang ingin memenuhi kebutuhan hidupnya akan menggunakan pedoman yang baik dan benar, sehingga memerlukan panduan yang disebut dengan istilah prinsip ekonomi. Prinsip ekonomi merupakan suatu usaha yang seminimal mungkin untuk memperoleh keuntungan yang cukup maksimal. Oleh karena itu, sebelum melakukan transaksi yang berkaitan dengan ekonomi seseorang harus menentukan prinsipnya agar berjalan dengan efisien dan efektif.

Adapun ciri-ciri prinsip ekonomi adalah sebagai berikut :

a. Membuat skala prioritas

Di dalam aspek pemenuhan kebutuhan tentu kita akan ditawarkan terhadap berbagai kabutuhan yang bersifat sangat mendesak untuk dipenuhi. Oleh karena itu diperlukan skala prioritas berdasarkan prinsip ekonomi untuk membeli produk dan barang dengan bijak. Secara keseluruhan manusia sudah mampu mempertimbangkan segala kebutuhannya mana yang harus dipenuhi dengan cepat dan mana yang bisa ditunda beberapa waktu mendatang.

b. Rasional

Setiap melakukan tindakan ekonomi harus didasarkan akal sehat agar mendapatkan keuntungan yang baik bagi masing-masing individu. Dengan demikian manusia tidak boleh dalam memenuhi kebutuhannya hanya dengan emosi dan mengikuti hawa nafsunya.

c. Cost and benefit

Pada kegiatan tindakan ekonomi seseorang harus memperhatikan biaya yang harus digunakan dan dikeluarkan serta manfaat yang akan diperoleh dari kegiatan ekonomi yang akan dilakukan oleh individu satu terhadap individu lainnya.

d. Ekonomis

Tindakan ekonomi yang dijalankan berdasarkan prinsip ekonomi pasti akan menggunakan perhitungan yang tepat dan rencana yang optimal. Dengan demikian diperoleh manfaat mengaplikasikan prinsip ekonomi dalam kehidupan diantaranya :

  1. Mampu bertindak dan berpikir secara ekonomis
  2. Keadaan ekonomi akan menjadi lebih baik dengan mempertimbangkan usaha dan hasil yang akan diperoleh
  3. Usaha dan perencaan yang baik akan menghasilkan tujuan dan kepuasan masing-masing individu