Cara Menulis Teks Review yang Baik dan Benar

Cara Menulis Teks Review yang Baik dan Benar – Teks review adalah sebuah teks yang memberikan opini / pendapat seseorang terhadap suatu benda / hal, misalnya film, buku, lagu, barang – barang elektronik, makanan, dan sebagainya. Menulis teks review pun tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Terdapat beberapa hal yang harus dilakukan agar dapat menghasilkan sebuah teks review yang baik. Berikut adalah cara menulis teks review yang baik dan benar.

A. Mencoba Sebuah Produk Barang atau Jasa

1. Cobalah sebuah produk barang atau jasa baru

Untuk menulis sebuah teks review, teman – teman harus mencoba sebuah produk baru. Sebuah produk baru pasti memerlukan review dari beberapa orang yang akan memberikan pendapatnya tentang produk tersebut. Kalian dapat mencoba sebuah produk yang sesuai dengan keinginan kalian.

2. Catatlah beberapa hal terkait produk tersebut

Catatlah hal – hal penting terkait produk tersebut yang akan kalian tulis dalam teks rewiew nantinya. Sebagai contoh, jika teman – teman akan membuat teks review tentang sebuah restoran, catatlah nama restorannya dan bahan – bahan dari sebuah masakan tertentu yang menjadi ciri khas dari restoran tersebut.

3. Ambillah beberapa foto dari produk tersebut

Jangan lupa untuk mengambil beberapa foto terkait apa yang akan kalian review. Ambillah beberapa foto sehingga para pembaca akan mengetahui apa yang sedang kalian lakukan atau kalian bicarakan.

B. Mengatur Susunan Teks Review

1. Carilah format penulisan teks review yang sesuai

Jika teman – teman berencana untuk menyerahkan hasil review kepada website, blog, atau majalah tertentu, pastikan kalian mencari format penulisan teks review yang sesuai dengan yang diinginkan oleh website, blog, atau majalah tersebut. Tidak menutup kemungkinan bahwa setiap website akan memiliki perbedaan dalam jumlah kata atau format lainnya. Cek juga tanggal deadline dari penulisan teks review yang akan teman – teman tulis. Jika kalian akan memberikan review tentang sebuah film, album lagu atau buku, maka kalian harus tahu tanggal produk tersebut akan dirilis.

2. Cari tahu dimana posisimu

Setiap teks review pasti memiliki sudut pandang yang berbeda, apakah sudut pandang psotif atau negatif. Namun pada dasarnya, dalam teks review pasti terdapat pendapat dan juga argumen tentang sebuah produk. Sebelum memulai penulisan, pastikan kalian berada di posisi mana (positif atau negatif) terhadap produk yangakan diberikan review. Hal ini sangat berkaitan dengan tahap selanjutnya dalam penulisan, apalagi jika kalian akan memberikan review terhadap sebuah buku atau film.

3. Cari tahu siapa yang akan membaca hasil tulisanmu

Hal lain yang harus dilakukan sebelum memulai penulisan teks review adalah siapa yang akan membaca hasil tulisan kalian. Apakah kalian akan menulis sebuah teks review untuk sebuah blog tentang musik pop, ataukah para pembaca kalian sudah tahu tentang berbagai jenis aliran musik? Apakah jika kalian menggunakan jargon dan kata – kata tertentu akan mudah dimengerti oleh para pembaca? Pikirkan hal tersebut. Jika kalian menulis sebuah teks review untuk khalayak umum, maka gunakanlah ungkapan yang lebih mudah dipahami oleh orang banyak.

C. Menulis Teks Review

1. Deskripsikanlah secara singkat produk tersebut

Dalam teks review, teman – teman harus menggambarkan seperti apa produk yang akan kalian review dalam beberapa kalimat saja. Kalimat – kalimat tersebut akan memudahkan para pembaca mengetahui apa yang akan kalian bahas dalam teks tersebut. Sebagai contoh, jika teman – teman ingin memberikan review tentang sebuah buku atau film, maka jangan tulis seluruh alur cerita. Cukup beri 1 – 2 kalimat terkait isi cerita (poin penting dari alur ceritanya saja). Selanjutnya, kalian akan dapat menuliskan lebih banyak hal lain terkait produk tersebut dalam sembari menuliskan review.

2. Tulishlah detail produk

Dalam isi teks review kalian, tuliskan juga detail informasi dan juga bukti – bukti dari argumen / pendapat yang kalian tuliskan. Sebagai contoh, jika teman – teman menulis teks review tentang sebuah album musik, maka tulis juga informasi terkait instruments dalam track lagu tertentu. Jika kalian mereview sebuah film, maka berikan informasi tentang cinematography dan bukti dalam film tersebut.

3. Gunakanlah kalimat lengkap

Dalam menulis sebuah teks review, kalian harus menuliskannya berupa kalimat – kalimat yang lengkap. Jangan menuliskan pendapat kalian dalam empat sampai lima kata saja karena hal ini pasti akan menyulitkan para pembaca untuk menangkap apa yang sedang dibicarkan. Namun, tulislah pendapat / argumen kalian secara utuh sehingga mudah dipahami oleh para pembaca.

4. Buatlah teks review terlihat lebih personal

Saat kalian menulis sebuah teks review, tulislah apa pengalaman kalian saat mencoba / menggunakan produk baru tersebut. Jangan menuliskan hal – hal umum yang semua orang sudah tahu. Para pembaca membaca teks review kalian karena mereka ingin tahu pengalaman kalian saat mencoba / menggunakan produk tersebut sehingga mereka nantinya dapat memutuskan apakah mereka juga akan mencoba produk tersebut atau tidak.

5. Posisikan dimana produk tersebut diantara produk sejenis

Pikirkanlah dimana produk ini berada diantara produk – produk sejenis. ‘dimana’ dalam hal ini bukan hanya sekedar menunjukkan lokasi, namun juga menunjukkan posisi produk untuk dibandingkan dengan produk lain yang sejenis. Kalian dapat menggunakan perbandingan saat memberikan review sebuah produk dengan produk lainnya yang sejenis sehingga para pembaca dapat membayangkan apa yang kalian alami.

6. Tulislah hal yang sebenarnya

Hal yang terpenting saat menulis teks review adalah kejujuran. Jangan melebih – lebihkan suatu hal saat kalian menuliskan sebuah teks review. Make it simple, but truthful. Jika kalian tidak memiliki bukti yang cukup untuk mendukung pendapat / argumen kalian, lebih baik tinggalkan argumen tersebut dan pilih argumen lain yang memiliki bukti cukup.

Demikianlah cara menulis teks review yang baik dan benar. Semoga penjelasan di atas dapat membantu teman – teman dalam penulisan teks review. Semoga bermanfaat and good luck!