Penjelasan Singkat tentang Penulisan RPP yang Baik dan Benar  

Penjelasan Singkat tentang Penulisan RPP yang Baik dan Benar – RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) merupakan sebuah rencana yang berbentuk tulisan yang berisi tentang semua hal yang berkaitan dengan apa yang akan guru ajarkan. Tidak hanya materi apa yang akan guru terangkan, namun RPP juga mencakup jenis metode dan media pengajaran yang dipakai sampai bagaimana kegiatan belajar mengajar akan berlangsung. Berikut adalah penjelasan singkat tentang penulisan RPP yang baik dan benar.

A. Pengertian RPP

RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih yang dikembangkan berdasarkan silabus. RPP digunakan untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).

B. Prinsip Penyusunan RPP

Dalam menyusun RPP, terdapat beberapa prinsip yang harus diperhatikan yaitu sebagai berikut.

1. Partisipasi aktif para peserta didik.
2. Perbedaan individual peserta didik seperti tingkat intelektual, kemampuan awal, bakat, minat, potensi, kemampuan sosial, motivasi belajar, emosi, kebutuhan khusus, gaya belajar, latar belakang budaya, kecepatan belajar, norma, nilai, dan/ atau lingkungan para peserta didik.
3. Berpusat pada peserta didik agar semangat belajar, motivasi, minat belajar, inisiatif, inspirasi, kreativitas, kemandirian, dan inovasi mereka semakin meningkat.
4. Pengembangan budaya membaca dan menulis peserta didik dirancang guna mengembangkan kegemaran membaca para peserta didik, pemahaman mereka terhadap beragam bacaan, dan mengembangkan ekspresi mereka yang dituangkan dalam berbagai bentuk tulisan.
5. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara sistematis, efektif, dan terintegrasi yang sesuai dengan situasi dan konsidi.
6. Kompetensi dasar, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, materi pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian harus ditekankan dalam hal keterkaitan dan keterpaduannya dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
7. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
8. Rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi yang dimuat dalam umpan balik dan tindak lanjut rencana pelaksanan pembelajaran (RPP).

C. Komponen RPP

Komponen-komponen RPP yang baik dan benar adalah sebagai berikut.

1. Identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
2. Identitas mata pelajaran atau tema/ subtema;
3. Kelas/ semester;
4. Materi pokok;
5. Alokasi waktu;
(diatur dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan kompetensi dasar yang harus dicapai sesuai dengan keperluan untuk pencapaian kompetensi dasar dan beban belajar)
6. Tujuan pembelajaran;
(menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur dan dirumuskan berdasarkan kompetensi dasar, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan)
7. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
8. Materi pembelajaran;
(ditulis dalam bentuk butir – butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi yang memuat konsep, fakta, prosedur yang relevan, dan prinsip)
9. Metode pembelajaran;
(disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan kompetensi dasar yang akan dicapai guna mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran yang efektif agar peserta didik mencapai kompetensi dasar)
10. Media pembelajaran;
(merupakan alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran)
11. Sumber belajar;
(berupa buku, media cetak, dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan dengan materi yang diajarkan)
12. Langkah – langkah pembelajaran;
(dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup)
13. Penilaian hasil pembelajaran. [sc:ads]

D. Format RPP

Berdasarkan komponen RPP yang telah disebutkan di atas, format RPP dapat ditulis sebagai beikut.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP …)

Sekolah :
Mata Pelajaran :
Kelas/ Semester :
Materi Pokok :
Alokasi Waktu :

A. Kompetensi Inti

(Tulislah keempat Kompetensi Inti)

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

(Rumuskan dua atau lebih indikator pencapaian kompetensi untuk setiap KD)

C. Tujuan Pembelajaran

(Rumuskan satu atau lebih tujuan pembelajaran untuk setiap indikator pencapaian kompetensi)

D. Materi Pembelajaran

(Tulislah butir – butir materi, seperti tema/ sub-tema, atau jenis teks yang dicakup untuk materi pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial)

1. Materi Pembelajaran Reguler
2. Materi Pembelajaran Pengayaan
3. Materi Pembelajaran Remedial

E. Metode Pembelajaran

(Tulis satu atau lebih metode pembelaaran aktif yang efektif dan efisien yang akan diterapkan untuk memfasilitasi para peserta didik mencapai indikator KD)

F. Media dan Bahan

(Media: Tulislah jenis – jenis media pembelajaran yang dipakai saat pembelajaran berlangsung, seperti video/ film, rekaman audio, model, chart, gambar, realia, dsb).
(Bahan: Tulishlah spesifikasi semua bahan yang diperlukan, misalnya nama, jumlah, atau ukuran bahan)

G. Sumber Belajar

(Tulislah spesifikasi semua sumber belajar, misalnya buku referensi, buku siswa, koran, majalah, narasumber, situs internet, lingkungan sekitar, dsb).

H. Langkah-Langkah Pembelajaran

1. Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Pendahuluan
b. Kegiatan Inti
c. Kegiatan Penutup

2. Pertemuan Kedua
a. Kegiatan Pendahuluan
b. Kegiatan Inti
c. Kegiatan Penutup

3. Pertemuan Ketiga
d. Kegiatan Pendahuluan
e. Kegiatan Inti
f. Kegiatan Penutup

(Dan seterusnya sesuai dengan jumlah pertemuan yang telah ditetapkan dalam silabus).

I. Penilaian

1. Teknik Penilaian
a. Sikap Spiritual
b. Sikap Sosial
c. Pengetahuan
d. Keterampilan

2. Pembelajaran Remedial
3. Pembelajaran Pengayaan

Jakarta, ……… , ………………………………

Mengetahui,
Kepala Sekolah …

NIP. …

Demikianlah penjelasan singkat tentang penulisan RPP yang baik dan benar. Semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan teman-teman, terutama bagi para guru. Terima kasih.