Contoh Explanation Text tentang Fenomena Sosial beserta Artinya

Contoh Explanation Text tentang Fenomena Sosial beserta Artinya

Explanation text merupakan jenis teks dalam bahasa Inggris yang berfungsi untuk menjelaskan sesuatu / sebuah fenomena, baik fenomena alam atau sosial, kepada para pembaca. Salah satu ciri dari teks jenis ini adalah explanation text dapat menjawab pertanyaan ‘why’ dan ‘how’. Explanation text ini dapat beragam jenisnya, salah satunya adalah fenomena sosial. Di bawah ini adalah contoh explanation text tentang fenomena sosial beserta artinya.

Text 1

Social Media

Social media is a channel to get along and do with connecting to the internet. Use can easily send messages, share news and activities for other users.

Why can this occur?

Increased technological development from this. Nowadays, social media has become the main requirement for small children to adults. As Indonesia is one of the most internet users in the world, there are many people here use social media to interact with each other.

The social media users must agree to use social media as a media to interact with each other, not to harm themselves. Basically, social media is a tool to devote complaints. There are also some people use social media to bully others.

Social media is a means of communication that facilitates interaction between humans and can be useful for educational facilities and others. However, social media also has negayive impact.If social media are misused, it can have a great impact for the victims. So, we need to be very careful in its use.

Artinya:

Media sosial

Media sosial adalah saluran untuk bergaul dan terhubung dengan koneksi ke internet. Gunakan itu untuk dengan mudah mengirim pesan, berbagi berita dan kegiatan untuk pengguna lain.

Mengapa ini bisa terjadi?

Peningkatan pengembangan teknologi dari ini. Saat ini, media sosial telah menjadi syarat utama bagi anak kecil hingga orang dewasa. Karena Indonesia adalah salah satu pengguna internet paling banyak di dunia, ada banyak orang di sini menggunakan media sosial untuk berinteraksi satu sama lain.

Para pengguna media sosial harus setuju untuk menggunakan media sosial sebagai media untuk berinteraksi satu sama lain, bukan untuk merugikan diri mereka sendiri. Pada dasarnya, media sosial adalah alat untuk mencurahkan keluhan. Ada juga beberapa orang yang menggunakan media sosial untuk menggertak orang lain.

Media sosial adalah sarana komunikasi yang memfasilitasi interaksi dengan manusia dan dapat bermanfaat untuk fasilitas pendidikan dan lainnya. Namun, media sosial juga memiliki dampak negatif. Jika media sosial disalahgunakan, itu bisa berdampak besar bagi para korban. Jadi, kita harus sangat berhati-hati dalam menggunakannya.

Text 2

Cyberbullying

Cyberbullying is a threat or attack carried out through electronic messages as the media. Bullying usually occurs only in the real world, but it also occurs now in cyberspace.

Cyberbullying is a new event because of the development of communication technology. Nowadays, it is interpreted as a hurtful act that is done intentionally through the computers, cellular and other electronic devices and those who are bullied cannot defend themselves.

Why can this occur?

Cyberbullying is done by sending comments that contain hatred on blogs, social media, e-mail, and posts in order to insult others. This can lead to reduced self-confidence of someone which leads to anxiety, and depression.

Cyberbullying is a crime that must be avoided. This is a psychological threat for individuals. For those reason, mental preparation and regulating emotions are needed when using internet.

Artinya:

Cyberbullying

Cyberbullying adalah ancaman atau serangan yang dilakukan melalui pesan elektronik sebagai media. Penindasan biasanya terjadi hanya di dunia nyata, tetapi sekarang juga terjadi di dunia maya.

Cyberbullying adalah peristiwa baru karena perkembangan teknologi komunikasi. Saat ini, itu ditafsirkan sebagai tindakan menyakitkan yang dilakukan dengan sengaja melalui komputer, seluler dan perangkat elektronik lainnya dan mereka yang diintimidasi tidak dapat membela diri.

Mengapa ini bisa terjadi?

Cyberbullying dilakukan dengan mengirimkan komentar yang mengandung kebencian di blog, media sosial, email, dan posting untuk menghina orang lain. Hal ini dapat menyebabkan berkurangnya kepercayaan diri seseorang yang mengarah pada kecemasan, dan depresi.

Cyberbullying adalah kejahatan yang harus dihindari. Ini merupakan ancaman psikologis bagi individu. Karena alasan itu, persiapan mental dan pengaturan emosi diperlukan saat menggunakan internet.

Text 3

Batik

Indonesia is known for its various cultures, languages, traditions and traditional clothing. One of important assets of Indonesia is batik.

Batik is a work of art from cloth that passes through the process of clipping to penglorodan. Batik was approved by UNESCO on October 2, which became an international batik day. Batik now exists in various regions, and each region has its own characteristics. The process of making batik is divided into four namely batik, tie dye, printing, and stamp.

It is not a short time to learn how to make Batik. Many batik industry workers work for 10 years because the need for skilled and trained personnels are needed. It is not easy and takes a long time.

So, it can be concluded that we need to preserve Indonesian batik, respect batik and protect batik, because batik is an Indonesian asset and batik is a culture heritage.

Artinya:

Batik

Indonesia dikenal dengan berbagai budaya, bahasa, tradisi dan pakaian tradisionalnya. Salah satu aset penting Indonesia adalah batik.

Batik adalah karya seni dari kain yang melewati proses penjepitan hingga penglorodan. Batik disetujui oleh UNESCO pada 2 Oktober, yang menjadi hari batik internasional. Batik sekarang ada di berbagai daerah, dan masing-masing daerah memiliki karakteristiknya sendiri. Proses pembuatan batik dibagi menjadi empat yaitu batik, tie dye, printing, dan stamp.

Ini bukan waktu yang singkat untuk belajar cara membuat batik. Banyak pekerja industri batik bekerja selama 10 tahun karena kebutuhan akan tenaga yang terampil dan terlatih sangat dibutuhkan. Itu tidak mudah dan butuh waktu lama.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa kita perlu melestarikan batik Indonesia, menghormati batik dan melindungi batik, karena batik adalah aset Indonesia dan batik adalah warisan budaya.

Demikianlah contoh explanation text tentang fenomena sosial beserta artinya. Semoga beberapa contoh teks di atas dapat dipahami dan bermanfaat bagi teman – teman. Terima kasih.