Tips dan Trik Cara Mengerjakan Soal Reading Bahasa Inggris

Tips dan Trik Cara Mengerjakan Soal Reading Bahasa Inggris – Reading Comprehension merupakan jenis aktivitas belajar (learning activity) yang bisa dibilang paling sulit untuk dilakukan terutama oleh para pelajar Indonesia. Hal ini karena tidak hanya bahasa Inggris yang memiliki kosakata yang sulit, namun juga terkadang teks reading comprehension yang dapat dibilang bukanlah teks yang pendek. Untuk itu, dalam mengerjakan reading comprehension diperlukan beberapa trik khusus. Berikut adalah tips dan trik cara mengerjakan soal reading bahasa Inggris.

a) Choose how to read

Saat teman – teman dihadapkan dengan berbagai teks, perhatikanlah pada situasi apa kalian sedang dihadapkan. Jika teman – teman sedang tidak dalam situasi ujian, kalian dapat menggunakan teknik membaca santai. Membaca santai adalah kalian tidak perlu harus terlalu serius dan terburu – buru saat membaca, cukup hanya dengan membaca dengan pelan namun tetap fokus pada informasi detail yang penting yang terdapat dalam teks. Namun, jika teman – teman sedang dalam situasi ujian, kalian dapat menerapkan teknik membaca cepat (skimming). Membaca cepat (skimming) ini dilakukan dengan cara membaca hanya bagian yang penting untuk dibaca sehingga kita mendapatkan informasi yang sesuai dengan kebutuhan untuk menjawab soal. Membaca cepat ini bertujuan untuk mendapatkan ide umum tentang teks yang dibaca. Ide umum teks biasanya terdapat pada paragraf pertama atau terakhir. Hindari untuk membaca baris per baris di setiap paragraf karena akan menghabiskan banyak waktu.

Baca Juga:  Pengertian Valuta Asing, Fungsi, & Sistem Kurs

b) Mark any important information

Teman – teman dapat membaca dan menemukan informasi penting dalam teks tersebut dengan cara menelurusi teksnya dari atas ke bawah (secara vertikal) sehingga kalian dapat menemukan gambaran tentang apa teks yang kalian baca tersebut. Jika kalian sudah menemukan berbagai informasi penting, jangan lupa untuk memberi tanda (mark). Hal ini akan memudahkan kalian menemukan informasi yang tepat ketika kalian menjawab soal.

c) Guess or skip unknown vocabularies

Saat teman – teman membaca sebuah teks, janganlah berhenti hanya karena beberapa kosakata (vocabulary) yang tidak diketahui artinya. Namun teman – teman dapat menebaknya dengan mengaitkannya dengan kosakata atau kalimat sebelumnya, atau kalian cukup melewatkannya saja dan melanjutkan membaca teksnya. Jangan hanya terpaku pada kata yang tidak kalian tahu artinya karena akan memakan banyak waktu dan kalian juga akan lupa apa yang telah kalian baca. Namun sebaiknya jika teman – teman memiliki waktu luang perbanyaklah mempelajari kosakata (vocabulary) baru.

d) Read the questions first

Saat teman – teman dihadapkan dengan soal dengan teks saat ujian, ada baiknya teman – teman membaca soalnya terlebih dahulu. Hal ini karena akan memudahkan kalian mengetahui tentang apa teks yang hendak kalian baca. Dengan membaca soalnya terlebih dahulu pun akan membantu kalian lebih fokus saat membaca teks karena kalian akan terfokus pada bagian yang penting untuk menjawab pertanyan – pertanyaan yang diberikan.

Baca Juga:  Contoh Soal Reading Comprehension Narrative Text & Kunci Jawaban

e) Focus on the topic of the text

Saat membaca sebuah teks, teman – teman harus fokus kepada topik keseluruhan tentang teks yang kalian baca. Ketika teman – teman telah mengetahui topik dari teks tersebut, kalian akan mudah untuk mengerjakan pertanyaan yang berhubungan dengan informasi umum, contoh pertanyaannya seperti: what is the text about?, what is the topic of the text?, dan sebagainya. Tipe – tipe soal seperti itu adalah soal – soal yang menanyakan tentang main information / main idea. Soal tersebut mengharuskan teman – teman untuk tahu tentang gagasan utama, ide pokok, inti atau kesimpulan dari teks yang kalian baca.

f) Focus on the detail information

Selain fokus pada topik atau informasi umum dalam teks, teman – teman juga harus fokus pada informasi spesifik dalam teks tersebut. Informasi spesifik ini umumnya menanyakan tentang hal – hal penting dalam teks yang mengharuskan kalian untuk membaca teks secara keseluruhan untuk dapat menjawabnya. Contoh pertanyaannya yaitu seperti: the text states all the following, EXCEPT… , the TRUE information based on the text is … , dan sebagainya.

g) Focus on the infomation beyond the text

Fokus terhadap informasi selain yang terdapat dalam teks ternyata sangatlah diperlukan. Saat teman – teman mengerjakan soal tentang sebuah teks, terkadang terdapat soal yang menanyakan tentang informasi tersirat dalam teks tersebut. Soal tentang informasi tersirat tersebut biasanya mengharuskan teman – teman untuk membaca teks secara keseluruhan dan fokus untuk mengaitkan secara logis antar kalimat atau paragraf sehingga kalian dapat menemukan informasi tersirat yang dimaksud dengan benar. Contoh soal yang menanyakan tentang informasi tersirat yaitu seperti: it is implied in paragraf x … , it is implied that … , the author suggests that … , it can be inferred that … , dan sebagainya.

Baca Juga:  Soal Bahasa Inggris Kelas 4 Semester 1 & Kunci Jawaban

h) Enrich your vocabularies

Reading comprehension ini terkadang dapat memperluas dan memperbanyak perbendaharaan kosakata kita. Hal ini karena saat membaca sebuah teks bahasa Inggris, tak jarang kita menemukan berbagai kosakata (vocabularies) baru. Saat menemukan kosakata baru, sebaiknya dicatat untuk nanti dicari artinya. Namun bagaimana ketika saat uijan? Saat ujian bahasa Inggris dan dihadapkan dengan soal teks, teman – teman pasti akan menemukan soal yang menanyakan tentang sinonim atau antonim dari suatu kata. Jika kalian tidak mengetahui arti dari kata tersebut, teman – teman dapat mengira atau menebak arti kata tersebut dengan mengaitkannya dengan isi teks tersebut. Teman – teman dapat membaca kalimat sebelum dan sesudahnya dari kata tersebut.

Demikianlah tips dan trik cara mengerjakan soal reading bahasa Inggris. Semoga beberapa tips dan trik di atas dapat membantu teman – teman mengerjakan soal – soal reading dengan lebih baik lagi. Terima kasih.

  • Add Your Comment